Tuesday, March 18, 2014

Ketan Duren Legendaris di kota Malang

Apakah cemilan kalian hari ini? Muehehehehe.

Jadi...ceritanya saya ini dari jaman masih suka lari-larian pake singlet+celana pendek tuh dah doyan banget sama yang namanya ketan durian atau ketan duren begitu biasa saya melafalkan durian dalam keseharian saya :D 
Bicara ketan duren, pikiran saya seketika melayang ke masa kecil saya dimana dulu nenek saya sering sekali membuat ketan durian terutama saat musim liburan. Kalo nggak ada ketan, biasanya nenek menggantinya dengan roti tawar. Kalo stok durian lagi banyak, biasanya nenek juga membuat es durian yang dimasukkan dalam kantong plastik kecil yang bening dan dibekukan dalam freezer, kami menyebutnya es ganepo dan jangan tanya arti es ganepo karena saya masih males buat nyomot-nyomot info dari mbah gugel atau tante wiki :)))
Apa istimewanya ketan durian? Jelaaaas kuah santan yang beraroma durian dan tak jarang nenek memasukkan biji durian yang masih berselimutkan daging buah durian yang manis dan harum baunya. Bagi sebagian orang, aroma buah durian ini adalah sesuatu yang mengerikan. Ada juga yang bener-bener anti dengan aroma durian apalagi memakannya dan saya gak paham kenapa orang macam tersebut dapat hidup... *eh* 
Tersebutlah sore itu saya pengen cari cemilan dan tiba-tiba ingat selama ini belom pernah sekalipun menemukan penjual ketan duren di kota Malang. Menurut info, ada penjual ketan duren di daerah hutan kota jalan Malabar tapi....dimananya ya??? Saya kan gak hapal jalan :D Lalu dengan bantuan suami saya, kami mengelilingi sekitar hutan kota dan langsung aja nemuin penjual ketan duren di depan Laboratorium Prodia jalan Merbabu yang masih ada di sekitar hutan kota Malabar di kota Malang. Beginilah penampakan lapak jualan ketan duren yang saya maksud

Penjual ketan durian ini sudah berjualan selama 16 tahun! Bisa disebut legendaris bukan? :D
Ada dua jenis dagangan yang ia tawarkan. Ketan Duren dan Serabi Duren. Cuman saat saya membeli, serabinya sudah sold out, ciyeeee :p Menurut penjual ketan duren ini, beliau sudah berdagang sejak 16 tahun lalu, beliau memindahkan lapaknya yang hanya berupa gerobak dorong dengan motor ini sekitar 8 tahun lalu karena awalnya beliau berjualan didaerah Mall Olympic Garden (MOG) dan ketika MOG mulai didirikan maka beliau dilarang berjualan disekitar sana dan hingga saat ini berdaganglah beliau di daerah hutan kota jalan Malabar di kota Malang ini. Beliau berjualan setiap hari kecuali hari Jumat dan lapaknya dibuka pukul 10 pagi dan tak tentu juga tutupnya, tergantung pada stok yang beliau bawa, jika ramai pengunjung ia akan pulang lebih awal :)
Pun masih ada 2 varian dari ketan/serabi durian yang ia tawarkan, spesial atau biasa? Bedanya? Spesial itu ditambah buah durian sebanyak sekitar 1 sendok makan dan 1sendok makan biji durian yang masih ada sedikit daging durian yang membalut biji durian, agar lebih menarik hati tentunya. Sedangkan untuk varian biasa, tidak ada tambahan daging buah durian dan saya membeli 1 varian biasa serta 1 varian spesial, agar tidak penasaran. Pikir saya, mungkin varian "biasa" ini kuah santannya sudah beraroma durian...tapi ternyata hanya kuah santan manis saja pemirsa. Eheeeee. Untung saya nggak makan di tempat, saya bungkus dan kuah varian spesial ini lantas saya campur dengan kuah varian biasa, saya hangatkan kembali dan TARAAAAA...enaknya sama seperti ketan duren jaman masa kecil saya dulu, hmmmm..seketika menghangat kembali kenangan akan masa liburan, masa ketika segalanya tampak mudah dan menyenangkan.
Well, semoga cerita saya tentang ketan duren legendaris kota Malang ini bisa memberi sensasi rasa manis dan menyenangkan seperti yang saya alami. 

Enjoy your evening~ :3

No comments:

Post a Comment