Wednesday, March 5, 2014

Epic Fail : Nyasar bareng angkot di kota Malang yang tercinta...

Hae...
Selamat bulan Maret 2014! 
Nggak ada yang spesial sampai di hari ini...
Seperti biasa, karena sendirian dan gak tau mau ngapain sementara depan rumah berisik orang hajatan, saya memutuskan sekali lagi...jalan-jalan di kota Malang, naek angkot! 
Udah biasa juga siy saya jalan-jalan naek angkot..cuman hari ini istimewanya gak ketulungan. Ongkos angkot bisa abis sekitar.... 20rebu! Mak...itu bisa buat jajan di warkop kesayangan *nangis bareng kuda lumping*
Tujuannya si sederhana ya.. beli shampoo di Toko Raya pasar besar, beli body mist di Matos. Udah.
Yatapi gitu deh..angkot di Malang ini sungguh LUAR BINASA. gak ada satupun yang bisa turun langsung persis didepan tiap tempat yang pengen saya tuju. At least...saya kudu jalan 100m, itu juga udah bagus tu 100m.

Rute ke-1 : Pasar Besar---Toko Raya
Angkot menuju pasar besar sejauh pengetahuan saya kalau dari perempatan Cengger Ayam itu naek ABG(yang menuju stasiun kota baru) dan pindah jurusan AG. Akan TETAPI... saya juga gak ngeh itu AG yang arah kemana? Naeknya darimana kalo udah ketemu angkotnya di jalan raya..aduh, mana itu ya...pokoknya dari depan(lebih tepatnya sebrang) toko Gunung Sari Intan, katanya... Cuman saya sempet nanya ke pak supir angkot (ABG), kata pak supir : "ke pasar besar bisa turun di Klenteng dan jalan 100m atau naek AG." Dan saya putuskan turun Klenteng. etapiiii... maap..saya gak tau juga nama Klentengnya..*dijejelin duta pariwisata* Pak supir ABG ini juga baek nunjukin angkot ABG untuk saya balik pulang ke perempatan Cengger Ayam. Eh..deket bok! Toko Raya gak jauh dari tempat saya turun..100m ternyata deket aja kalau sambil jalan-jalan santai ngeliat toko-toko yang berderet di sepanjang jalan pasar besar. Dan tempat saya turun itu nggak persis depan Klenteng, tepatnya..lampu merah sebelum Klenteng, nyebrang dikit dan ambil jalanan yang di kanan dari lampu merah ternyata itu sudah Jalan Pasar Besar. SENENG DONG! belom pernah saya se-lancar ini dalam menemukan tempat baru! *kibas kerudung*

Rute ke-2 : MATOS. tapiiii....!!! gak ada angkot langsung ke MATOS dari pasar besar *sesuai dugaan siy!*
So.................
Rute ke-2 : Membebaskan diri dari jalan Pasar Besar dan cari angkot menuju MATOS.
Bingung nanya siapa.. akun twitter @AngkotMalang yang biasanya saya jadikan tempat bertumpu dan mengadu mengenai segala carut-marut dan kebingungan saya akan angkot-angkot di Malang... *halah* sudah LAMAK BENER NGGAK AKTIP APALAGI NGEJAWABIN MENSYEN DARI EYKE BOK! *ceritanya emosi* Akhirnya saya pede aja nanya ke supir MK yang berhenti di perempatan, di seberang Matahari Pasar Besar, kata beliau "wah, ke Matos gak ada yang langsung, naek MK yang menuju (dan turun di)alun-alun aja trus naek MM ke Matos." Lagi...saya bersyukur bertemu dengan bapak supir MK yang sungguh budiman. Kebetulan emang MK lagi banyak seliweran dan saya berdiri pas di posisi MK yg dimaksud, MK yang geraknya menuju hotel Ollino (TULUNG jangan tanya mata angin dalam bahasa apapun karena saya gak akan paham). *hestek : penderita buta mata angin stadium gak bakalan bisa disembuhin*

Rute ke-3 : menuju Alun-alun kota Malang ---MATOS.
dan... JREEENG! deket aja ternyata alun-alunnya. Jalan juga benernya kuat, bok! tapi...saya yang sungguh sulit menghapalkan jalan ini...tak berdaya dan...lapar!!! aslinya selama di angkot MK ini saya bingung juga, batin saya : "nanti naek MM-nya yang darimana deh?!? masa' nanya orang terus.. gengsi dong~~" Dan ya..saya pede aja tuh turun di depan kantor, uhm..kantor apa sih itu...macem kantor pemerintahan pokoknya masih di alun-alun dan kalo dilihat itu ada kerfur di sebrang sebelah kirinya.. Trus keliatan di  perempatan ada komplek ruko yang didalam komplek itu ada jualan "Tahu Telor RIA" kabarnya ini tahu telor yang terkenal di Malang.. Sekalipun kabarnya mereka terkenal, it tastes the same to me...forgive me... I've eaten better than this. :') Tapi lumayan lah daripada kelaperan. Tahu telor pake lontong dan es teh semuanya cukup 11rebu saja. Maap gak ada poto kali ini... Bukan edisi wisata kuliner sebenernya, cuman mumpung liwat aja :))) Abis kenyang saya nekat aja nanya pak penjaga parkiran, karena sedari tadi saya gak liat angkot MM yang lewat didekat penjual tahu telor, kata pak parkir.. : MM ada didepan Hotel Pelangi. Uhm..oke, kudu jalan dikit diseberang sebelah kanan dari perempatan tahu telor itu kalau mau ke hotel Pelangi. Saya nanya lagi "itu MM yang ke Matos kan pak? Pak parkir : hmmmm (dengan ekspresi aneh). Sementara langit makin gelap dan angin mulai terasa dingin dan agak kencang saya sedikit berlari menuju Hotel Pelangi dan kebetulan angkot MM lagi ngetem disana. Pas banget saya naek dan langsung berangkat dan disinilah semuanya bermula. SAYA LUPA GAK NANYA PAK SUPIR! *nyesel ampe taon kuda jumpalitan* 
IKLAN : Gini ya...buat kalian, para newbie dalam dunia per-angkot-an. BIASAKAN bertanya ke pak supir, arah tujuan angkot yang kalian tumpangin, kalau salah, sekalian tanya jurusan yang bener, cuek aja diliatin penumpang laennya, daripada recehan kita makin banyak melayang... (bok, 3rebu bukan lagi recehan...!!!) *sambil ngaca* *padahal bukan newbie* *tetep aja nyasar* 
Sampailah angkot MM ini di depan MOG, perasaan saya gak enak, saya nanya ke ibu yang ada didepan saya dan.... SAYA SALAH JURUSAN..... buru-buru saya turun dan pak supir lantas memberitahu bahwa angkot yang lewat di depan MATOS dari MOG ini itu GL dan naeknya dari seberang MOG. Another 3 rebu melayang...padahal baru juga naek... 

Rute ke-4 : MOG---MATOS dan cari angkot GL! bukan LG!
Crazy, huh...??? saya kira... angkot GL or LG itu sama...ternyata? JELAS BEDA. ini bedanya kalau menurut rute angkot dari situs www.ngalam.web.id
Jalur LG/LH (Jurusan Landungsari – Gadang/Hamid Rusdi)
Rute : Terminal Landungsari – Jl. Raya Tlogomas – Jl. Mayjen Haryono – Jl. Gajayana – Jl. Sumbersari – Jl. Bendungan Sutami – Jl. Surabaya – Jl. Jombang – Jl. Bondowoso – Jl. Gading – Jl. Pulosari – Jl. Kawi Atas – Jl. Kawi – Jl. Arif Rahman Hakim – Jl. Merdeka Utara – Jl. Merdeka Timur – Jl. Sugiyowiryopranoto – Jl. Sutan Syahrir – Jl. Kyai Tamin – Jl. Prof Yamin – Jl. Sartono SH – Jl. Peltu Sujono – Jl. Susanto – Jl. Niaga – Jl. Sonokeling – Jl. Janti – Jl. S. Supriyadi – Jl. Satsui Tubun – Terminal Gadang – Jl. Satsui Tubun – Jl. S.Supriyadi – Jl. Janti – Jl. Sonokeling – Jl. Niaga – Jl. Susanto – Jl. Halmahera – Jl. Tanimbar – Jl. Madura – Jl. Nusakambangan – Jl. Halmahera – Jl. Kapten Piere Tendean – Jl. Yulius Usman – Jl. Arief Margono – Jl. KH Hasyim Asyari – Jl. Kawi – Jl. Kawi Atas – Jl. Pulosari – Jl. Gading – Jl. Bondowoso – Jl. Jombang – Jl. Surabaya – Jl. Bendungan Sutami – Jl. Sumbersari – Jl. Gajayana – Jl. Mayjen Haryono – Jl. Raya Tlogomas – Terminal Landungsari
Jalur GL/GH (Jurusan Gadang – Landungsari/Hamid Rusdi)
Rute : Terminal Gadang – Jl. Satsui Tubun – Jl. S. Supriadi – Jl. Janti – Jl. Sonokeling – Jl. Niaga – Jl. Susanto – Jl. Halmahera – Jl. Sampo – Jl. Kalimantan – Jl. Sulawesi – Jl. Yulius Usman – Jl. Arief Margono – Jl. KH. Hasyim Asyari – Jl. Kawi – Jl. Ijen – Jl. Retawu – Jl. Gede – Jl. Jakarta – Jl. Garut – Jl. Bandung – Jl. Veteran – Jl. Sumbersari – Jl. Gajayana – Jl. MT. Haryono – Jl. Raya Tlogomas – Terminal Landungsari – Jl. Raya Tlogomas – Jl. MT. Haryono – Jl. Gajayana – Jl Sumbersari – Jl. Veteran – Jl. Bandung – Jl. Ijen – Jl. Semeru – Jl. Arjuno – Jl. Kawi – Jl. AR. Hakim – Jl. Merdeka Utara – Jl. Merdeka Timur – Jl. Kauman – Jl. KH. Hasyim Asyari – Jl. Arief Margono – Jl. Yulius Usman – Jl. Sulawesi – Jl. Nusakambangan – Jl. Halmahera – Jl. Susanto – Jl. Niaga – Jl. Sonokeling – Jl. Janti – Jl. S. Supriyadi – Jl. Satsui Tubun – Terminal Gadang
---> pusing gak? SAMAK! pokoknya mereka beda, pemirsa! dan jangan sampe salah. Muahahahaha! 
Sementara yang terus-terusan lewat itu angkot LG dan saya terus-terusan juga komat-kamit..."harus naek GL...GL..GL..GL!!!" dapet deh GL dan akhirnya tiba di seberang MATOS. *elap jidat* dan terimakasih pak MK depan pasar besar yang sudah nyuruh saya naek MM padahal MM gak lewat depan MATOS. *sumpahin*

Rute ke-5 : MATOS---sampe ketemu pedagang OLSHOP body mist Bali Ratih
Akibat RIM jebot, seharian saya susah mau whatsapp sama penjual body mist Bali Ratih yang saya temuin di twitter. Lebih murah 3rebu bok! Saya bela-belain COD juga..padahal kalo dipikir-pikir...naek angkot abis berapa...gak sesuai ama selisihnya yang cuman 3rebu...tapi yaaaa gini deh... PEREMPUAN!!! Sungguh kalian para kaum pria diharap bisa MEMAKLUMINYA... Muahahahaha!!!
Harusnya janjian jam 3 di sekitaran TMP, tapi kan ujan bok...ya saya minta aja ketemuan dalem MATOS daripada saya berdiri-diri di depan TMP, nanti saya dikira mau jual diri...*ehhh* Si mbak OLSHOP ini susah banget dihubungi, ditelpon gak diangkat, di sms gak dibales...akhirnya setelah dibales... dia bilang "baru selesai ngajar dan oke...ketemuan di MATOS karena kebetulan lagi mau ke MATOS juga" Saya tungguin tuh, karena saya ngerasa bersalah udah nelpon-nelpon, saya bilang "yaudah santai aja, saya gak kesusu...saya tunggu dan tolong kabari..."
Masih tanpa kabar, dan saya mulai pegel muterin MATOS 45menit tanpa hasil. Ada sih hasilnya...mupeng! Mupeng ama semua novel di Gramedia. Saya akhirnya melipir ngopi di Maharaja Food Court, MX Mall, Mall samping MATOS. Alaaah...cuman berapa langkah siy MATOS ke MX Mall... gak sampe nyebrang kali, puuun... tapi si Mbak OLSHOP gak mau ke MX Mall, katanya dia udah terlanjur di MATOS. Pas saya bilang duit saya gede pun dia bilang gak punya kembalian... Oemji.. Bisa gitu yaaaa kalau pedagang laris... Pembelinya yang kudu ngejar-ngejar... Setelah whatsapp mulai bisa digunakan kembali dan akhirnya saya kirim pesan lagi ke mbak OLSHOP : "yaudah, setelah saya makan, saya samperin ke MATOS dan saya cari tukeran duit dulu ya..." Baru deh tu...dijawab ama mbak OLSHOP "okeee". Dalam hati saya : "TUH KAN?!?" *aseli gondok* Dan lagi-lagi...setelah saya selesai makan dan kirim whatsapp, gak dibales-bales, padahal kan saya dah siap-siap pulang tuh, masa' iya gak jadi siy...udah salah angkot 2x neh...KUDU KETEMU!!! Saya telponin..gak diangkat...akhirnya dibales pake whatsapp sama si Mbak "di parkiran samping aja ya...saya lagi ngeluarin motor..." oh, dan lagi-lagi saya ngerasa bersalah. Tapiiii karena saya gak familiar ama parkiran motor di MATOS dan jujur aja, emang gak pernah naek motor kalo ke MATOS, saya gak tau kudu tunggu di mana...sambil ujan-ujanan saya tolah-toleh tu didepan pangkalan taksi... Dapet pesen lagi dari mbak-nya "kamu dimana, aku keujanan nih.." EH SAMAK DONG... duuuuh! Aselik dah gondok....wong sama-sama menuju parkiran kan pastinya sama-sama keujanan yaaaa, ngapain juga dia pake bilang gitu. Apalagi di awal saya juga udah bilang "saya gak bawa kendaraan, karena ada tetangga hajatan, makanya gak bisa ngeluarin kendaraan..."  ya...jadi saya gak bawa kendaraan... ADA YANG GAK PAHAM GAK NIH? Kebangetan kalo ampe gak paham... *makan gabah bareng burung emprit* DAN KETEMU. Mbak OLSHOP nya cantik deh... Tapi wajahnya asem. Saya cuman bisa bilang "aduh, maap..." dijawab : "Gak papa..." Lhah...kan kudunya saya yang dapet penjelasan kenapa dia gak mau ke MX? yaudah siy...saya korek-korek tas saya nyari duit 22rebu buat sebotol body mist Bali Ratih aroma Chamomile.. GOSH...!!! Mending pesen di mbak OLSHOP yang rumahnya di Dau itu atau sama mbak-mbak OLSHOP yang juga anak UB itu de...dianter ke rumah, gak pake rewel apalagi ribet! HIH! Ongkir gratis, pun... HUH! Bye, mbak...moga dagangan yeiy makin lareeeeeesssss... amin! 
-------------------------------- BATAS AKHIR MEMAKI MBAK OLSHOP ------------------------------

Rute ke-6 : PULAAAANG!!! tapi... angkotnya apaan yak dari depan MATOS???
Ini udah jam 5 sore. Jarang-jarang nih saya gentayangan diatas jam 5sore. Pede aja naek angkot GL lagi pas pulang...didepan MATOS naeknya, karena pikir saya, "tadi berangkatnya kan turun diseberang MATOS jadi pulangnya pasti disisi-sebaliknya..." Dan lagi-lagi tanpa nanya pak supir...(IYA SAYA TAHU ITU KEBODOHAN KEDUA DAN SAYA LAYAK DISEBUT KELEDAI...) feeling saya pun bilang "kayaknya, ini bakalan salah jurusan lagi deh..." sementara langit masih juga ramai dengan gerimis yang sepadat antrian supermarket di tanggal muda... Sementara saya pasrah di dalam GL (dan GL yang lewat persis depan MATOS ini puter balik ya di bunderan jalan Bandung dan pergi ke arah yang saya yakinnya itu menuju arah Gadang), ternyata GL itu melewati depan supermarket Lai-Lai. Saya pun turun didepan Lai-Lai. "Masuk bentar ah, daripada rugi ongkos..." Bener aja...dalam Lai-Lai ada sekotak onde-onde, harganya cuman 6ribu rupiah saja... Tapi...kalau saya beli itu onde-onde, duit saya abis-biiis dooong... "besok belanja sayurnya gimana?!?" Another 3rebu melayang...
Saya nanya lagi akhirnya ke pak Parkiran Lai-Lai..."pak, kalau ke Arjosari naek apa ya?" Him : "oh, jalan ke sana, *nunjuk jalanan setelah lampu merah*, atau naik ADL aja disebrang sana...*nunjuk arah sisi sebrang Lai-Lai, jalan yang sepertinya itu arah ke Splendid*. And yes...the power of "kepepet" makes me gak ngurus pokoknya nanya orang dan kudu sampe rumah! Masih keujanan dan ntah karena tuah siapa saya keujanan hari ini, saya naek ADL seperti yang diarahkan oleh bapak Parkiran Lai-Lai. Terimakasih pak...dan selamat bertugas! *lah...* Saya udah blank tuh...udah gak bisa inget-inget jalan lagi...pokoknya pasrah aja di dalem ADL ini. Dan sampailah ADL di depan stasiun Malang Kota wah ya udah saya turun aja di seberang stasiun karena saya inget, sebrang stasiun kan dilewatin ABG yang bakalan membawa saya menuju perempatan Cengger Ayam, tempat dimana semua ini bermula...HORE! *apaan coba...*

Dan...sekian perjalanan saya bersama angkot-angkot di kota Malang. Perjalanan saya diakhiri di angkot ABG yang penuh sesak dengan orang-orang yang mungkin sama seperti saya, merindukan kehangatan rumah untuk berlindung dari dinginnya udara di luar sana yang masih basah karena rintikhujan...

PS : diselesaikan dalam keadaan jaringan spidi lemot, laptop sempat hang dan makan gado-gado dari hajatan orang depan rumah. Byuh..hari ini saya 2kali makan bumbu kacang. *mules*
PS lagi : jadi...total ongkos angkot tadi berapa hayo? Yak.. Rp. 21.000,00 dari 7x angkot yang udah saya tumpangin dengan 4x salah jurusan jadi saya rugi = Rp. 12.000,00. *perhitungan banget jadi orang*
PS lagi-lagi : seperti kata pepatah "Malu bertanya...ongkos melayang percuma..."

HAVE A GREAT DAY!

3 comments:

  1. lagi cari info angkot MM nyasar ke blog yang heboh banget cerita nyasarnya, lebih nyasar daripada saya sekarang haha *peace*, lucu banget mbak perjalanan angkotnya, padahal Malang cuma selebar daun kelor *plaak*. Btw, iya tuh twitter angkotmalang juga ga aktif, padahal saya juga mentioned kalau lagi kepepet angkot apa-dari-sini-mau-ke-sana. (Moga mereka segera aktif lagi. Aamiin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SELAMAT! Anda adalah pemberi komentar pertama di blog ini. Nikmati hadiah anda berupa limpahan doa selamat dunia akhirat serta rejeki yang tak putus sampai akhir jaman. Amiiin. hihihi! Betul! Malang tu muternya ya itu-ituuu aja, tapinya saya keliwat payah untuk menghapal jalan dan SEMOGAAA akun sejenis info angkot segera bermunculan karena kalau nanya rute angkot ke akun info kota suka-suka gak dijawab...Kadang dijawab, tapi gak jelas, so...SAYA NYASAR LAGI DEH :( Tega amat mereka ama orang semacam saya... :'(

      Delete
  2. mbak di matos ada loh produk bali ratih langsung dari warehouse /distributor resminya baliratih jawa timur ,(heheh numpang promo sekalian ) bisa datang langsung ke bali spa shop . bisa beli ecer atau reseller dan grosir
    GERAI II WAREHOUSE MALANG
    (Distributor Resmi/BALI SPA SHOP)
    Malang Town Square (MATOS)
    GF GO 17/08 , Lantai 1 (Lantai Utama ,Pintu Masuk Utama) Lapak di Hall Tengah
    Jln Veteran No 2,KOTA MALANG
    Hp 081235257123
    Pin BB 2B26FB7A
    Buka jam 09.30 - 21.30 WIB, setiap hari

    ReplyDelete