Monday, February 9, 2015

Jajanan Akhir Pekan-2

Kalau lagi puasa gini bawaannya mikir "makan apa ya buat buka nanti..."
Hahahaha...jujur deh, semua pasti pernah ada di fase ini ketika sedang berpuasa baik itu puasa wajib atau puasa sunnah. 
Daripada bengong dan makin banyak dosa karna cranky pengen ini-itu, saya tulis-tulis aja jajanan favorit yang biasanya saya beli di akhir pekan atau di hari-hari saya memerlukan 'takjil' :p

Kue Bingka.

Kabarnya ini adalah jajanan manis khas Banjarmasin. Pertama kali saya makan kue ini di Warung Soto Banjar 'Keluarga' (saya pernah ocehin juga disini). Rasanya mirip-mirip ama kue lumpur, kue basah jajanan hari-hari. Pasti udah banyak yang pernah makan kue lumpur kan? Nah...kue Bingka ini sendiri saya bisa bilang merupakan versi 'rich' nya kue lumpur. Pertama kali makan.. HMMMM...manis-gurih-creamy jadi satu. Teksturnya lembut tapi gak benyek dan pernah satu kali saya makan kue bingka dengan isian potongan pisang, tekstur bingkanya kok agak kenyal ya? Malah jatohnya berasa seperti kue basah 'nagasari' :'D

Saking lapernya keburu saya makan sebelum saya foto :p
Kemasannya niat ya untuk jajanan hari-hari :D

Saya gak suka ama bingka yang kenyal itu. Bingka yang saya suka pokoknya ya yang seperti di warung soto banjar deket rumah itu. Dan kebetulan kemarin pas craving jajanan manis setelah berbuka, saya jalan-jalan ke Toko Avia dan ketemulah saya dengan bingka produksi kota Malang. Hahahaha... Kata teman saya, "khas Banjar kok produksi Malang?" balas saya "gak apalah..yang penting rasanya beres, gak berasa seperti nagasari..." :p

Harga IDR 21,5K
Beli di Toko Avia


Onde-onde.

Aduh, siapa yang gak kenal onde-onde? Jajanan gurih-manis yang kita mungkin bisa temui di se-antero negeri(yakin?). Onde-onde kesukaan saya kali ini belinya agak jauh dari pusat kota Malang. Saya lupa daerah mana itu, yang jelas masuk daerah Kabupaten Malang katanya... *lagi males gugling*


Jujur saja, kemasannya yang cakep ini membuat saya makin cinta 
dengan onde-onde ini ^^




TAPI saya pernah liat kedai makanan di daerah Ciliwung, di ruko-ruko dekat rel kereta api juga menyediakan onde-onde ini. Kalau saya tidak salah lihat, 'Onde-onde Christien' namanya. Kabarnya ini memang cabang dari onde-onde yang letaknya (menurut tulisan di kemasan) di Tangkil Sari tersebut. Saya belom pernah mencicipi onde-onde yang dijual di cabang, selalu saya belinya yang jauh itu... Sekalian jalan-jalan dan yang kemarin kebetulan oleh-oleh pak bojo pulang kerja. Onde-onde ini murah saja, IDR 2K per buahnya. Tapi karena belinya jauh, seperti memaksa saya harus membeli minimal 10 buah untuk 'tombo kangen bin pengen' Muehehehe! 


Saya ini pecinta onde-onde garis keras! Ibarat kata nih ya...
"cintaku padamu...sebesar cintaku pada onde-onde!"


Bubur Ayam dan Bakso Tahu ala 'Mie Bromo Pojok'

Mie Bromo Pojok ini merupakan mie pangsit yang lumayan hits juga di kota Malang. Kota Malang ini kan juga terkenal dengan mie-mie-annya kan... Mulai dari cui mie, mie ayam, mie pangsit, dan mie-mie pedas lainnya dengan berbagai level yang sebenarnya bagi saya gak ada bedanya antara mie satu dan yang lain. Hanya beda rasa kuah, bumbu dan tingkat pedasnya saja. Intinya sama aja ya : MIE. :p
Tapi di warung yang terkenal ama mie-mie-annya saya malah njajan bubur ayam dan bakso tahu. Bukan apa, waktu itu kebetulan sariawan saya lagi ganas-ganasnya, di bibir bawah bagian dalam. Kalau saya makan mie, hadeh...ampun deh. Sakiiit bener pas dipake nyeruput mie-nya deh... :'D


 Bubur ayam biasa. No kuah. Hanya ada taburan daun bawang diantara kerupuk dan ditambah separuh telur ayam bacem.
Harga IDR....lupa. Gak nyampe 10K rasanya.

Kalau buburnya ini cuma bubur biasa dengan lauk telur bacem dipotong separuh dan diberi kerupuk banyak-banyak. Nggak ada kuah bumbu atau sejenisnya. Maka dari itu akhirnya saya juga memesan bakso tahu yang ada kuahnya. Sekalipun beli bakso tahunya cuma 1 buah, dikasih kuah semangkok. Mayan kan... :p

Bakso tahu. Rasanya baksonya cenderung manis. Tidak cocok bagi yang tidak terlalu suka makanan manis. Kalau saya ya... SUKA BANGET. 
Harga IDR 5K per buah.

Kalau ada rekomendasi jajanan enak-enak dan mengenyangkan, kabarin saya dong... :p

No comments:

Post a Comment