Sunday, October 6, 2013

Belanja bulanan atau...bulan-bulanan belanja?

Sebagai istri dari seorang pegawai swasta, tanggal 5 Oktober (kemaren) itu tidak termasuk tanggal muda. Kenapa? Suami terima gaji sekitar tanggal 22-23 dan setelahnya langsung bayar tagihan, cicilan de-ka-ka..maka, tanggal 5 bisa belanja bulanan secara nyaman dirasa terlalu..uhm, jemawa. :D
Tetapi, seperti kata orang Jawa, masih untung bisa belanja sekalipun tak bisa terlalu riang. Sebagai wong jowo tulen, saya merasa bersyukur dari kecil sudah lekat dengan ajaran ini, jika tidak tak bisa saya bayangkan betapa payah suami saya meladeni hasrat belanja saya sebagai perempuan tulen. (Ini ndak ngeles, perempuan mana yang ndak suka belanja? ya kecuali perempuan itu lupa kalo dia perempuan. Eheeee..)
"iki blanjane Londho, lek blanjane wong jowo nganggo kresek! gak Go Green :))"

Setelah melewati serangkaian agenda belanja bulanan, saya pengen jadi orang yang agak tau diri. Bukan sok-sok jadi orang baik, bukan.. Tapi jaman yang tambah susah, kurs dollar amerika sudah diluar angan, saya mulai memikirkan sedikit tips berbelanja bulanan yang efektif dan (katanya)efisien di beberapa media yang pernah saya baca. 

Ijinkan otak saya yang instan ini menerjemahkan sebagai berikut:
  • Katanya "susunlah daftar belanjaan anda sebelum anda mulai berbelanja". Saya pribadi akan saya susun dan sebelahnya saya tambahi harga terakhir yg mungkin (dan semoga) belom berubah(naik). Setelah itu ditotal kira-kira berapa habisnya dari rencana (susunan)belanja tadi kan.., trus saya ingat-ingat lagi berapa dana saya..kalau cukup ya saya lanjut belanja, kalo ndak cukup..mari dicoret-coret lagi daftar belanjaan yang kira-kira masih bisa ditunda sampe lebaran tahun depan...(suwine jeng...).
  • Kata saya sendiri "Belilah kemasan kecil!". Ya emang sih..belanja dengan kemasan besar harganya akan lebih ekonomis. Misal : sabun cuci piring kemasan 500ml = 5ribu sementara harga kemasan 1Liter = 9ribu. Mau diitung? Gak usah yah..tapi ketauan kan kalo kita hemat seribu. Tapimya bagi saya.. beli 5ribu maka yang 4ribu bisa langsung saya pakai untuk beli bawang putih 1/4kg. Kalo saya beli yang 9ribu, bawang putih nya mungkin gak jadi saya beli atau saya cuman beli seribuan sementara bawang putih itu kan bumbu masakan, gak ada masakan ya gak usah nyuci tapi ya gak makan. Eheee. Gampangannya sih begitu. Ingat ya..ini buat yang duit belanjanya pas-pasan, kalo yang berlebihan sih ya monggo saja beli sabun cuci piring yang kemasan segalon masih bisa beli bawang putih 1karung!
  • Kata saya lagi "Usahakan belanja cepat!" caranya, saya harus hapal dimana rak tempat kopi, mie instan, minyak goreng dll untuk menghindari saya LAPAR MATA! Yaaaaa... LAPAR MATA = MUSUH DOMPET, DOMPET TIPIS DAN KERING! (((jreeeng))) *biar dramatis..* "kalo gak apal, jeng?" Gampang..buru-buru lari dan tanya ke mbak-mbak SPG toko kalau bisa mbak SPG itu suruh tunggu dan temani kita selama belanja. (lha njaluk dikampleng tah piye, jeng???)
  • Katanya "bawa uang tunai.", untuk yang ini saya pun setuju dan gak punya koreksi apa-apa, apalagi penjelasan lain-lain. Wis, pokoknya gitu. Kartu kredit = nambahi UTANG. Nggih tho? Nggiiih... "Lho, kartu debit kan bukan nambahi utang, Jeng?" Lha ya iya..kartu debit gak nambahi utang tapi duit sampeyan di kartu itu ada gak? Eheee. Sekali lagi..untuk orang seperti saya dan suami, tanggal segini itu..saldo sudah kayak daun kangkung kelamaan di kulkas, kering sekalipun masih berwarna ijo. Kalo nekat gesek kartu debit, dana cadangan untuk keperluan mendadak bisa-bisa buat kami pingsan mendadak karena keabisan dana.
"Money can't buy happiness but money can buy me a cup of coffee and that's kinda happiness to me.." - JengSri, 2013.
#rauwisuwis
Pareng...

No comments:

Post a Comment